Honda Afrika Jelajah Medan Pasir dan Berbatu
Honda CRF Africa Twin
Honda kini
menghadirkan CRF1000L Africa Twin, tunggangan untuk mereka penghobi adventure
bermedan berat seperti di Afrika. Makanya pabrika motor asal Jepang ini memberi
nama jenis motor ini Africa Twin. Karena mengusung nama seperti itu, lantas
motor kelas ini tidak dijual di Indonesia.
Moto rini hadir di
Indonesia dengan dua varian, yakni Standard dan DCT ABS. Meski keduanya berbeda
tipe, tapi performanya sama, dengan mesin 1000cc, dua silinder. Hanya saja
untuk tipe standard atau serie MT dilengkapi slipper clutch, sedang versi DCT
ABS didukung teknologi dua wet multiplate clutches with coil springs.
Namun dua tipe yang berbeda ini, nyaman
dikendarai disegala medan dan cuaca, Karena menggunakan suspesnsi upside down
dan monoshock dibagian belakang. Sepintas, kedua tipe motor ini, hanya tampak
beda warna, padahal, berbeda. Terutama aksesoris tipe DCT lebih lengkap,
sehingga tampangnyapun kelihatan lebih besar.
Menyoal desain, bila
kita bandingkan dengan serie 250 Rally, sebenarnya hampir sama, hanya saja di
karenakan kapasitas mesin yang dibawanya, membuatnya dari segi dimensi
dipastikan berbeda. Namun antara tipe pilihan dari Honda CRF1000L Africa Twin
sama-sama mengusung dual Head-lamp yang di isinya dengan lampu LED tersusun
atas 1 versi high, sedangkan satunya lagi versi low untuk lampu jarak dekat,
kemudian pada bagian belakang terpasang tailight menggantung lengkap bersama
stop lamp dengan LED didalamnya.
Kemudian melihat sisi
dashboard, honda mengisinya dengan “Rally stage negative LCD instrument
display”, yang terdiri dari : speedometer, tachometer, fuel, gear position,
ABS, HTSC, odometer, trip dan jam. Selanjutnya dalam penyajiannya, terdapat
beberapa versi berbeda, yang mana serie MT dan DCT / ABS di bedakan atas dasar
ukuran lebar, kalau versi standard membawa ukuran 875mm, sedangkan versi DCT
atau ABS usung ukuran lebih lebar dengan 930mm. Akan tetapi untuk panjang dan
tinggi secara keseluruhan, keduanya tampil dengan 2.335mm dan 1475mm.
Adapun ground
clearance yang dibawanya pun sama, yakni 250mm. Alhasil motor penjelajah
terbaru besutan honda ini nampak begitu tinggi dan kokoh. Lantas lain halnya
dengan dimensi tubuh, ternyata soal bobot juga berbeda, disebutkan varian
standard memiliki berat kering 208 kg, lalu pada posisi kedua varian ABS dengan
212 kg, sedangkan terberat ada pada varian DCT dengagn 222 kg. Meski berbeda,
varian dari Honda CRF1000L Africa Twin tersebut saat di gunakan terasa memiliki
bobot yang sama, pasalnya hanya memiliki selisih sedikit antara tipe satu
dengan lainnya.
Lantas beralih ke
bagian kaki-kaki, meski pada nyatanya terdapat 3 tipe berbeda, honda tetap saja
sama-sama menopangnya dengan frame tipe Steel semi double cradle, yang
terbilang kuat untuk menahan semua beban, serta memberikan tingkat keseimbangan
tinggi. Apalagi semua itu di optimalisasi dengan suspensi upside down diameter
45mm di lini depan, lalu pada sektor belakang di topang swingarm berbahan dasar
alumunium plus suspensi model monoshock pro link yang dapat dirubah daya
redamnya sesuai kebutuhan.
Sementara itu, untuk
penggunaan velg, honda memilih untuk melengkapinya dengan velg jari. Tapi
jangan salah, velg ini merupakan tipe khusus karena tetap bisa dibalut ban tipe
tubeless, dimana ukurannya sendiri 90 / 90-21(depan), dan 150 / 70-17
(Belakang), alhasil dengan apa yang ada pada bagian kaki-kaki ini, selain
membuatnya terlihat begitu tinggi dan kekar, juga akan memastikan para pengguna
nantinya dapat melewati berbagai medan berat, seperti gurun pasir atau hutan
tanpa ada kendala. Tapi ya itu, bekal semua itu menjadikan harga Honda CRF1000L
Africa Twin mahal.
Lalu masuk ke sektor
dapur pacu, seperti apa yang kami singgung di atas, tipe boleh beda, tapi
intinya pihak honda membekalinya dengan mesin tipe 4 stroke berkapasitas 998cc,
yang tersusun atas dua silinder parallel dengan 270 derajat, serta di desain
unicam, yang mana bentuk tersebut eksklusif dari honda, yang memiliki manfaat
untuk meningkatkan kinerja dapur pacu menjadi lebih unggul. Bahkan tercatat,
dengan bekal demikian, Honda CRF1000L Africa Twin dapat menghasilkan power
sebesar 70 kW pada putaran mesin 7500rpm.
Sedangkan nilai torsi
maksimum yang bisa diraihnya mencapai angka 98 Nm pada 6000rpm. Tetapi perlu
sobat ketahui pula, penggunan tipe kopling terbilang berbeda, dimana untuk
versi MT menggunakan model “multiplate with coil springs, Alumunium Cam Assist
and slipper clutch”, lalu versi DCT / ABS di dukung “2 wet multiplate clutches
with coil springs”, yang lebih enteng dalam penggunaannya. Lalu transmisinya
sendiri, honda menggunakan jenis yang sama, yaitu menggunakan 6 percepatan
manual.
Disamping powerfull
serta nyaman, honda tidak lupa melengkapi motor penjelajah miliknya ini dengan
double disc brake berukuran 310mm di bagian depan, dan belakang menggunakan
ukuran 256mm. Berkat keduanya, memungkinkan pengguna bisa menghentikan laju
kendaraan secra optimal. Apalagi untuk varian tertinggi, honda melengkapinya
bersama teknologi ABS, yang bakal menjamin pengguna lebih aman ketika melakukan
pengereman secara mendadak, pasalnya putara roda dipastikan tidak akan
terkunci.
Mesin berkapasitas
besar, kemudian teknologi tinggi yang diterapkan pada tiap versinya, membuat
harga Honda CRF1000L Africa Twin di patok tinggi, dan hanya para konglomerat
saja yang bisa menjangkaunya. Tidak tanggung-tanggung, untuk bisa mendapatkan
versi termurah saja, atau lebih tepatnya harga Honda CRF1000L Africa Twin versi
standard, dilepas pada kisaran angka Rp.464 jutaan, sangat woww kan sob ? sedangkan
harga Honda CRF1000L Africa Twin versi tertinggi hampir menyentuh angka 1/2
milyar.
Masihkah anda tertarik untuk bisa memilikinya,
setelah mengetahui harga Honda CRF1000L Africa Twin di atas ? tapi kalaupun
berminat, tidak perlu pusing memikirkan biaya import, karena pihak honda
sendiri secara resmi telah memboyongnya masuk ke tanah air, jadi harga Honda
CRF1000L Africa Twin yang kami sebutkan di atas merupakan bandrol setelah masuk
ke pasaran. Demikian informasi mengenai spesifikasi dan Harga Honda CRF1000L
Africa Twin semoga dapat
membantu memberikan anda referensi ketika sobat membutuhkan motor tangguh dari
Honda.
Spesifikasi Honda CRF1000L
Africa Twin
|
|
Mesin
|
|
Dimensi
|
|
Rangka
|
|
Fitur
|
|
Review Honda CRF1000L Africa
Twin
|
0 Response to "Honda Afrika Jelajah Medan Pasir dan Berbatu"
Post a Comment